Prosedur Tindakan Sectio Caesarea Dengan BPJS (part 1)

Alhamdulillah...
Sudah hampir mendekati full term, yang artinya, mamak sudah harus bersiap-siap kembali naik meja operasi😣

Pregnancy+ App

Sejak memasuki trimester 3, seperti yang sebelum nya sempat mamak curhatin disini tentang pemeriksaan neonatal dengan rujukan faskes 1 BPJS ke RS. Hermina Ciputat, sampai ke kontrol selanjutnya pun mamak tetap memanfaatkan kartu kepesertaan BPJS.

Berbagi sedikit tentang persiapan persalinan mamak kali ini yang di putuskan kembali melalui proses Sectio Caesarea.
Karena memanfaatkan kepesertaan BPJS, jadi prosedur nya harus di planning terlebih dahulu dengan dokter yang akan menangani, ga bisa milih tanggal, ga bisa pake birth plan, dan ga bisa bawa masuk photographer nya bukaan moment buat mengabadikan moment persalinan nanti, jiaaah...😂

Melewati 3x kontrol 2 mingguan ke RS. Hermina Ciputat sesuai batasan USG yang di cover oleh BPJS, di kontrol terakhir tadi (senin, 11 feb 2019 jam 14:00) ketika mamak datang, ternyata dokter nya berhalangan praktek karena sakit😥
Akhirnya di kasih pilihan buat konsultasi sama dokter yang available di jam 16:00, dan mamak manut ajah, because of udah ga punya tenaga buat ngeluh lagi saking speechless nya😅

Mengisi penantian selama 2 jam dengan makan siang di kantin bersama suami dan si kakak (yang selalu jajan balon tiap kali ikut kontrol😓), mulai dari makan sop buntut, nge-dessert silky pudding ala2, sampe nyemilin ciki lays dan cup corn, kenyang deh, trus bengong sebentar sampe waktunya shalat ashar🙊

Selesai shalat langsung ke nurse station di lantai dasar (padahal info dari bagian pendaftaran tadi dokter nya di lantai 5🙄) setor buku kontrol trus ga lama di timbang sama ukur tensi, alhamdulillah BB naik dari 61 ke 63, tensi konsisten di 100/70.

Nunggu lagi...(entah berapa lama, mamak ga lihat jam saking sibuk nya ngawasin si kakak yang mondar mandir di keramaian pasien rawat jalan😑).

Begitu dengar panggilan, mamak langsung masuk ke ruang poli obgyn ketemu sama dokter pengganti, dan langsung to the point tentang rencana cesar yang sudah di sounding sama dokter mamak sebelum nya.
Ga pake USG atau bla bla bla lagi, dokter nya langsung bikinin rujukan buat check lab, dan kemudian mamak di arahkan sama suster nya untuk ngisi surat pernyataan penjaminan BPJS untuk tindakan cesar, ada 2 lembar pernyataan yang isi nya tentang persetujuan tindakan oleh pihak pasien dan keluarga/wali (suami).

Dari situ langsung ke pendaftaran laboratotium ngasih rujukan lab kemudian ke kasir.
Lho koq ke kasir? ga di jamin BPJS lab nya?😳
Eits... Kebetulan cek lab yang mamak harus jalanin itu masuk jaminan BPJS koq, cuma prosedur nya memang harus di validasi oleh pihak kasir terlebih dahulu, ga bayar kecuali ada cek golongan darah mungkin ya?

Dari kasir langsung balik lagi ke pendaftaran laboratorium buat ngasih tanda validasi invoice nya.

Nunggu lagi... (agak lama sih, bikin mamak sedikit cangkeul dengan posisi duduk, akhirnya terpaksa naikin kaki sila di bangku tunggu😁🙊).

Giliran di panggil, mamak langsung jiper🙈
Ngeri ketemu jarum😅
Lah, kalah sama si kakak yang abis cek lab dbd kemarin ga nangis sama sekali pas di ambil sample darah nya😂

Abis di ambil sample darah, suster nya mengarahkan mamak buat langsung ke PSO (ini mamak lupa deh kepanjangan nya apa? tapi inti nya kayak petugas penjadwalan tindakan dan rawat inap gitu sih, cuma ini khusus pasien BPJS sepertinya🤔).

Nah, dari PSO ini mamak dapetin detail prosedur selanjutnya.
Sesuai instruksi PSO, besok nya mamak udah harus konsul ke dokter anastesi (udah di daftarin, jadi tinggal bawa hasil lab nya aja).
Di kasih tau juga harus minta surat rujukan cesar dari klinik faskes 1 buat di bawa pas hari H tindakan (oke, fixed besok pagi ketemu bu bidan lagi di faskes 1, setelah sebelum nya dadah dadah pamit mau cesar eh ternyata masih harus balik lagi😂).

Sampai disini dulu deh cerita nya, nanti mamak lanjut lagi kalo debay udah launching ya🙊
Berhubung mamak baru ingat harus ngelengkapin isi hospital bag yang masih kurang juga🙈

Doakan semoga lancar yaaa...
Bismillah...









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Separation Anxiety

Galau