Enkopresis Fungsional

Setelah drama cacar air sebelum nya, lewat beberapa minggu ini, alhamdulillah ga ada gejala penularan yang mamak alami😇
Jadi, treatment anti virus dari dokter, rutin minum infused water lemon, dan jus tomat rupanya membantu sekali pencegahan penularan infeksi virus si cacar air itu😁
Boleh di ikhtiarkan ya buibuk buat treatment pencegahan virus apapun.

Nah... Mumpung lagi sedikit senggang, berhubung Sushiness masih tutup karena mamak harus bed rest di karenakan beberapa hari lalu sempet bleeding dari gejala ISK (Infeksi Saliran Kemih).

Mamak sedikit tau kalau ini gejala ISK karena di kehamilan sebelum nya pun pernah ngalamin.
Jadi gejala ISK ini biasanya dibarengi dengan warna urine yang agak gelap/keruh, bleeding/sedikit perdarahan, dan nyeri di pipis akhir.
Pada awal gejala di beberapa penderita, ada juga yang mengalami demam/meriang seperti mau flu.

Penyebab ISK ini sebenernya sepele, karena kurang menjaga kebersihan area vital, kurang minum air putih dan sering menahan/menunda pipis/berkemih.
Umum nya ISK juga banyak di alami oleh ibu hamil karena faktor perubahan hormonal.

Mamak akui memang sejak mulai sibuk lagi dengan Sushiness baru-baru ini, mamak jadi kurang minum dan sering nunda pipis, seperti nya itu yang menyebabkan mamak ngalamin gejala ISK lagi😥

Sejauh ini mamak belum sempet konsul ke dokter untuk keluhan ISK ini, karena dengan treatment sendiri (banyak minum air putih dan ga nunda pipis), si bleeding, warna urine keruh dan nyeri di pipis akhir itu hilang dengan sendiri nya, jadi di putuskan konsul nya sekalian aja di kontrol kehamilan berikut nya😬

Yang sekarang lagi jadi concern mamak adalah gejala enkopresis nya si abang😥
Apa itu enkopresis?
Awalnya mamak juga bingung nge jabarin nya, tapi sedikit mamak jelaskan bahwa si abang ini sering banget pup di celana tanpa terasa.
Pas tau kalo selama ini ternyata si abang sering banget ngalamin pup di celana (karena rupanya si nenek udah tau tapi ga pernah bilang, takut mamak ngomelin si abang😓), terus terang mamak marah juga sama si abang dan si nenek yang membiarkan, nyuciin celana dalam nya si abang yang kena pup, tanpa bilang-bilang mamak😑

Nah, awal-awal mamak sebel karena berfikir masa iya keluar pup gitu si abang ga berasa?
Mamak tanyain dan selalu jawaban nya bener-bener ga berasa.
Si pup ini terkadang keluar banyak, kadang cuma sedikit, kayak noda hitam di celana dalam aja, tapi berbau dan tekstur nya ada yg kecil keras (mirip kotoran kambing) dan warna nya cokelat sampai hitam gelap.

Nah karena keluar nya ga berasa, si abang ini ga pernah ngeh, tapi orang sekitar pasti kecium bau nya kalau pas dia pup di celana.
Kalo udah bau gitu, mamak langsung suruh si abang cebok dan bersihin celana dalam nya.

Mamak sempet bawa ke dokter umum dan di resepkan obat cacing sama puyer pencahar gitu, tapi ga ada perubahan sama sekali, dan dokter nya pun masih belum menegakan diagnoasa

Dalam kegalauan (ceileee🙊), mamak coba searching sebenernya si abang ini kena gejala penyakit apa? Koq bisa keluar pup ga berasa gitu?
Dan terjawablah sudah kegalauan mamak, ternyata gejala nya persis seperti yang di bahas di artikel ini

https://www.google.co.id/amp/s/hellosehat.com/parenting/perkembangan-balita/enkopresis-feses-keluar-tidak-disengaja/amp/

Si abang ini kebetulan BAB nya juga ga tiap hari (bahkan bisa seminggu ga BAB), dan pernah punya masalah BAB keras😥

Okay, fixed kudu ke DSA buat cari tau😏

Akhirnya mamak balik lagi ke klinik faskes 1 buat di rujuk karena treatment penyembuhan dengan obat sebelum nya ga berhasil.

Besok nya si abang di anter papa nya ke RSIA buat konsul sama DSA, dan rupanya ga meleset perkiraan mamak tentang gejala Enkopresis Fungsional itu.
Penanganan dari DSA cuma di cek dan dibersihkan dubur/saluran keluar nya si feses dengan alat/sekop khusus.

Saran DSA untuk penyembuhan, si abang ini harus di push buat makan sayur.
Dan mamak langsung melow bin guilty dong, karena udah jarang banget (di kehamilan kali ini) masak sayur😢
Pulang nya di resepin obat pencahar yang di masukin lewat anus, namanya Dulcolac Suppository Bisacodyl 10mg (bentuk nya kayak peluru kecil warna putih), dosis nya sehari 1 suppository sebelum tidur malam.

Ini obat nya:

Baiklah... Pengobatan di mulaiii...
Malam pertama setelah pemakaian obat (dengan drama si abang pake nangis histeris ketakutan pas mamak mau masukin obat nya😓), si abang mamak suruh pake diapers untuk mengantisipasi pup yang keluar ga berasa.
Tengah malam nya si abang kebangun karena berasa diapers nya penuh, dan bener aja pemirsaaa...
Pup yg keluar ternyata banyak, dengan warna cokelat pekat kehitaman😣😶

Bersih-bersih, kemudian tidur pake diapers lagi, pagi nya ga ada feses yang mengotori diapers.
Okay hari pertama berhasil mengeluarkan (mungkin) sebagian feses yang mengendap.

Nah, malam ini adalah hari kedua pengobatan.
Sama seperti sebelumnya, setelah pemakaian obat (kali ini ga pake drama nangis histeris lagi😅), si abang tidur pake diapers, tapi ga sampe satu jam, dia udah ngerasain diapers nya penuh, dan ternyata beneran keluar lagi si endapan feses nya😥

Bersih-bersih, ganti diapers kemudian lanjut tidur.

Karena hasil malam ini masih sama seperti kemarin, mamak masih belum puas dan berencana buat masukin obat nya lagi besok (coba beli sendiri di apotek karena dokter cuma meresepkan 2 suppository aja).

Semoga bisa mengeluarkan semua endapan feses di saluran pembuangan nya dan berhenti pup di celana lagi😥

Ujian hamil kali ini bener2 menantang, mulai dari anak-anak kena cacar air, ISK dan si abang yang kena enkopresis fungsional. Mudah-mudahan semua itu ga mempengaruhi kesehatan calon adik nya anak-anak, selalu di jaga dan di berikan kesehatan dan keselamatan kedepan nya.
Aamiin...


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosedur Tindakan Sectio Caesarea Dengan BPJS (part 1)

Separation Anxiety