Cacar Air


"Koq bisa kena lagi ya?"

Mamak ngebathin waktu tau si abang ketularan cacar dari teman sekelas di sekolah nya.
Jadi su'udzon sih awalnya, dan sedikit ngeluh, kenapa teman sekelas nya itu cuma istirahat 8 hari di rumah? Padahal 2 minggu aja belum tentu virus nya bener-bener bersih😔

Tapi mamak buru-buru istighfar biar ga berlarut-larut menyalahkan dan ngeluhin hal yg seharusnya segera di atasi dan di syukuri sebagai bentuk teguran dari Allah.

Waktu umur 2 tahun sebenernya si abang udah pernah kena cacar, dan saat itu mamak yg turun langsung ngurusin, tapi karena kondisi mamak yg saat ini sedang berbadan dua alias hamil dengan usia kandungan yg baru 15 week, maka dokter tidak menyarankan mamak untuk berinteraksi dengan si abang.

Maka di over handle lah si abang ke nenek nya selama terinfeksi cacar.
Tugas mamak cuma mastiin jadwal makan, mandi dan minum obat nya, dan selama itu juga si abang di isolasi sementara di kamar nya.

Parno?

Banget, karena mamak udah baca beberapa artikel yg menyebutkan bahaya cacar untuk janin di dalam kandungan😣
Salah satu artikel nya bisa di cek di link berikut:


Meski mamak udah punya imunitas terhadap virus cacar air karena menurut nenek nya anak-anak, mamak udah pernah kena cacar air di umur 2 tahun-an.
Tapi kan... Tidak menutup kemungkinan bisa tertular lagi.
Mungkin sedikit lebay ya, namanya lagi hamil dan dilemma antara anak pertama sakit perlu perhatian dan perawatan, tapi di satu sisi mamak juga harus memproteksi calon adek nya anak-anak.

2 minggu setelah nya, finally bintik cacar di sekujur badan si abang kering dan rontok, setelah pengobatan dengan anti virus dan salep acyclovir yg di resepkan dokter.

Karena si abang udah bosen di kamar terus dan mamak berfikir virus nya udah aman setelah 2 minggu, maka mamak putuskan si abang untuk mulai kembali masuk sekolah.
Meski pun di beberapa artikel di sebutkan bahwa masa inkubasi virus tidak bisa di pastikan berapa lama nya.

2 hari masuk sekolah, mamak dapat kabar di group ibu-ibu sekolah nya si abang, kalau salah satu teman nya kena cacar air juga. Mamak feeling guilty sebenernya😟 secara si abang baru aja masuk, tapi balik lagi ke point atas, ini di luar kuasa manusia.

Tapi selang seminggu kemudian, si kakak Elsha malah ikutan cacar, donk...🤕
Mamak langsung oleng dan besok nya buru-buru pergi ke dua dokter sekaligus, pertama ke DSA buat berobat si kakak, kedua ke SpOg buat konsultasi mamak mengenai bahaya atau tidak nya cacar air buat kondisi kehamilan mamak yg baru masuk 19 week?


Tapi pencerahan SpOg nya bikin mama sedikit lebih tenang...
Dokter bilang, karena mamak udah pernah cacar, jadi di badan mamak sudah terbentuk imun atau kekebalan terhadap si penyakit cacar ini, kemungkinan tertular nya 50:50 dan dampak penularan nya kalau pun terinfeksi, Insha Allah tidak akan membahayakan janin, mengingat proses pembentukan organ-organ vital pada janin sudah sempurna di usia 19 week kehamilan mamak😇

Jadi, untuk pencegahan, mamak cuma di kasih obat antivirus tablet sama dokter, sisa nya, dokter cuma saranin buat jaga pola makan dan istirahat aja, demi ngejaga kondisi badan.

Selama si kakak cacar, mamak yg full ngurusin, ngga ada over handle seperti waktu si abang yg kena, karena anak se uprit itu ngga mungkin bisa di jauhkan dari ketek mamak nya.
Si kakak umur nya baru 2 thn, masih tidur se kamar dan se kasur sama mamak dan bapake, jadi berfikir buat misahin diri adalah kemustahilan yg hakiki😅

Selama itu juga, mamak memproteksi badan dengan asupan makanan sehat, tinggi protein, serat dan vitamin c.
Tiap hari nya mamak bikin infused water lemon sebagai pengganti air putih untuk minum, konsumsi jus dari buah yg banyak kandungan vitamin c nya (mamak terhobi bikin jus tomato beef, pakein sedikit gula biar ada manis-manis nya), memang sedikit lebih ribet sih dari pola makan mamak yg biasanya 'ngasal' dan jarang minum air putih🙊


Tapi dari pola makan bersih itu, mamak ngerasa beneran ada perubahan.
Dengan ngga lupa minum si infused water dan jus buah, badan mamak jadi lumayan lebih seger, ngga gampang pegel atau lemas.

Makanan pun mamak olah sendiri seperti ikan-ikanan, sayur, tahu & tempe, yang ternyata jauh lebih irit dan pastinya lebih yakin dengan kebersihan nya.

Itu hanya ikhtiar pencegahan aja, meski peluang tertular nya masih 50:50, paling tidak, mamak udah mulai sadar akan penting nya asupan pola makan sehat.

Dan di 2 minggu pasca sakit cacar nya si kakak, saat ini alhamdulillah mamak masih fit.

Semoga di jauhkan dari berbagai macam wabah penyakit, selalu di berikan kesehatan, keselamatan, dan kelancaran sampai lahiran nanti aamiin...🙏


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosedur Tindakan Sectio Caesarea Dengan BPJS (part 1)

Enkopresis Fungsional

Separation Anxiety