Welcome 3rd Trimester

Beranjak dari trimester 2 ke akhir trimester saat ini, usia kehamilan sudah memasuki babak awal dari akhir perjalanan menuju persalinan (yeaaay... I'm excited😆).

Di minggu ke 28 ini, alhamdulillah semua keluhan dari mulai hiperemesis dan hipersalivasi di trimester 1 sudah mamak lalui dengan tegar😅

Kedua keluhan itu (hiperemesis & hipersalivasi) mamak alami di kehamilan kedua dan ketiga ini.
Buat yang belum tau apa sih hiperemesis dan hipersalivasi itu?

Jadi hiperemesis adalah sebuah kondisi yang umum di alami oleh ibu hamil di awal masa kehamilan (antara 0 - 14 minggu) dengan gejala mual dan muntah yang mengakibatkan penderita nya tidak bisa mencerna makanan/minuman, serta pengaruh indra penciuman yang lebih sensitif terkadang bisa memperparah gejala tersebut.
Meskipun terbilang gejala yang umum pada ibu hamil, tapi kalau mengakibatkan bumil sampai lemas dan dehidrasi, kondisi ini juga bisa membahayakan janin.

Oleh karena itu, bila gejala sudah tidak bisa di atasi dengan pemberian obat mual dari obgyn, biasanya akan di perlukan penanganan khusus oleh tenaga medis di rumah sakit untuk perawatan intensif, seperti pemberian cairan makanan dan obat-obatan melalui infus.

Nah, di kehamilan sebelum nya, hal itu yang mamak alami, sampai harus ngerasain 3x bolak balik rawat inap di RSIA Hermina Ciputat selama trimester 1.

Opname 2015

Luar biasa rasanya, mual muntah terus-terusan tanpa bisa makan walau perut terasa lapar😣
Jangankan buat makan, nyium aroma nasi baru matang di rice cooker aja mamak ga berhenti-berhenti muntah😰

Ditambah kondisi hipersalivasi atau kelebihan produksi air liur yang bikin mamak harus selalu sedia kantong plastik kemana-mana buat buang ludah, karna kalau di telan sangat memicu mual muntah.

Badan lemas akbat dari kurang nya asupan nutrisi dan cairan, suhu badan dingin dan tekanan darah menurun.

Bagi penderita maag kayak mamak, kondisi hiperemesis ini bakalan memicu asam lambung naik lebih cepat, karena ngga makan dan sering nya makanan belum nyampe lambung udah di keluarin lagi😰
Kalau asam lambung udah naik, wasalam...
Bakalan muntah terus-terusan.

Tapi alhamdulillah di kehamilan kali ini, mamak ga sampe di opname/rawat inap di RS.
Seperti belajar dari pengalaman, bahwa tidak makan sama sekali bakalan memperparah mual muntah, jadi di kehamilan yang ketiga ini mamak maksain makan sedikit-sedikit walau sambil "huwek-huwek", tetap minum buat menghidrasi tubuh, meskipun harus pake air bersuhu sedikit lebih dingin biar lebih seger😁
Nyemil biskuit-biskuit gandum dan krakers, juga buah-buahan, meskipun nyicil segigit-segigit😅

Kalau hamil sebelum nya mamak baru bisa enak makan di 15week, mual muntah di kehamilan ketiga ini cuma mamak rasain sampai usia kehamilan 13week dan hipersalivasi sampai di 16week.

Waktu hamil anak pertama?🤔
Beda banget rasanya, mamak bahkan lebih enak makan sejak trimester awal sampai akhir, mual cuma kalau nyium bau-bau parfume perempuan (mentang-mentang bayi nya laki😅), jajan pun sembarangan, pola makan ngga di jaga, ngga ngerti pantangan-pantangan, karna dulu belum ikutan gabung di komunitas-komunitas parenting kayak sekarang😁

Jadi kalau ada yang nge-judge ibu hamil dengan kondisi hiperemesis adalah bumil manja...
Semoga mereka juga bisa gantian merasakan nikmat nya mual muntah dengan penciuman super sensitif yang bahkan untuk nyium bau manusia dari jarak 5meter aja udah muntah yaaa...
Struggling tengah malam nongkrong di toilet buat muntah tanpa isi (muntah kuning) yang bikin heartburn (sensasi ulu hati seperti terbakar😣), tubuh kehausan dan kelaparan tanpa bisa berbuat banyak karna ketakutan akan muntah.

Mamak termasuk yang udah pernah ngalamin hamil ngebo (enak makan) dan hamil dengan keluhan hiperemesis itu, hamil sekarang bisa di bilang ngga parah-parah banget sih memang, tapi tetap berat buat melupakan trauma nya😫

Oiya, untuk rencana persalinan kali ini mamak udah pasrah menyerahkan proses nya sama Allah SWT dan SpOg.
Kebetulan barusan mamak abis kontrol ke RS Hermina Ciputat dengan rujukan dari faskes 1 pake jaminan BPJS.

FYI di persalinan sebelum nya (July 2016), mamak harus Cesar karena kondisi letak plasenta yang menutupi jalan lahir, dan BBJ yang stuck di angka 2,5kg sejak usia kehamilan 33week, terkendala sama lilitan tali pusat di leher dan kaki.
Karena itulah sekarang mamak jadi lebih pasrah😥

Review sedikit tentang pelayanan pasien BPJS untuk kontrol kehamilan di RS Hermina Ciputat...

Saat ini untuk rujukan RS sudah bisa di akses secara online oleh klinik faskes 1, jadi faskes 1 bisa melihat kuota/ketersediaan layanan pasien BPJS di RS rekanan.
Bila kuota nya sudah penuh, maka RS yang di tuju tidak akan muncul di list RS rujukan faskes 1, prosedur pembagian rujukan nya sekarang jadi lebih jelas sih menurut mamak, jadi ga ada istilah di tolak/tidak di layani oleh RS rekanan ketika sampai di sana.
Walau harus sedikit bersabar ketika kuota RS yang di tuju sedang penuh, silakan di coba datang kembali hari berikut nya😁
Mamak aja sampe 2x datang ke faskes 1 untuk dapetin kuota RS tujuan🙊

Nah, untuk kunjungan yang kedua kali nya ini, tadi mamak sempet cek dulu di bidan faskes 1, biasa ya kalo bidan kan pake sistem raba perut dan USG doppler (yang untuk nge-check detak jantung bayi aja), dan dari hasil raba-an bidan, posisi debay masih melintang, duh...

Kemudian setelah pemeriksaan itu, mamak meminta rujukan ke SpOg RS Hermina Ciputat untuk memastikan kondisi nya biar lebih gamblang, karena ada riwayat Cesar di persalinan sebelum nya, jadi bidan pun "meng-amin-i" permintaan mamak.

Rada pesimis dengan ketersediaan kuota di RS Hermina, mamak pun sempet pasrah kalo harus dapet nya di RSIA Buah Hati lagi😥 karena mepet udah waktunya kontrol bulanan, kalo nunggu lagi takut nya ngga dapet-dapet dan kelewat jadwal kontrol nya.

Pucuk di cinta ulam pun tiba, alhamdulillah kuota RS Hermina nya tersedia di hari ini🙌
Rejeki debay kontrol kali ini ketemu dr. Mariza💃

Mamak buru-buru pulang dan siapin dokumen persyaratan beserta rujukan, ngejar jadwal praktek dr. Mariza yang cuma sampai jam 12 siang.

Tapi sebelum nya mamak juga daftar online via aplikasi RS Hermina (bisa di unduh di appstore/play store ya...).

"Kali ini ngga di temenin papah dulu ya, nak..."🙁
Karna dadakan, mumpung dapet kuota ke sana, jadi cus aja lah naik gojek (padahal si papah wanti-wanti nyuruh naik gocar🙈).

Sampe RS mamak ke meja pendaftaran ngambil nomor dan langsung di panggil, kasih tau kalo udah daftar online ke dr. Mariza, dan serahkan dokumen persyaratan (kartu BPJS, kartu pasien Hermina bila ada, dan KTP).

Dari situ mamak langsung di arahkan untuk cek tensi dan timbang berat badan di nurse station.

Nurse Station RS Hermina Ciputat

Ngga nyampe 15 menit nunggu udah di panggil ke ruang dokter.
Ceki ceki dan tanya jawab kira-kira ini hasil nya:
Letak kepala debay belum di bawah alias masih melintang (bener juga hasil raba-an bidan di faskes 1 tadi🤔), plasenta udah mulai naik (yeaaay...💃), air ketuban kurang😥, gender fixed cwe lagi (hahaha... walau udah tau juga di kontrol sebelum nya sama dr. Ismail🙊 mamak cuma jaga-jaga kali-kali aja berubah🙈), BBJ 1,3kg, usia kehamilan 28 week (sesuai sama HPHT dong...).

Untuk saat ini dr. Mariza menyarankan buat nambahin air ketuban dulu dengan minum air kelapa 2x sehari dan banyak minum air putih jadi belum boleh ikutan senam hamil atau berkegiatan terlalu banyak🙄.
Kemungkinan lahir normal memang ada, tapi dengan syarat: posisi letak kepala di bawah dan masuk panggul, air ketuban aman, tidak ada keluhan nyeri pada luka bekas Cesar sebelum nya, dan harus dalam sekali mengejan😰

Jadi inti nya, dokter akan memantau terus kondisi ibu dan bayi sampai nanti bisa memutuskan ketika sudah cukup bulan apakah aman atau tidak untuk persalinan normal ataukah harus Cesar?
Bismillah, yang terbaik saja...🙏

Poli Obgyn

Kontrol berikut nya 2 minggu lagi (yup, masuk trimester 3 memang sudah mulai harus kontrol 2 mingguan dan di bulan terakhir sudah harus kontrol seminggu sekali).

Karena mamak masih punya persediaan supplement kehamilan di rumah, maka dokter ngga meresepkan lagi.
Jadi mamak ngga tau ya, kalau di resepkan supplement apakah di jamin BPJS juga atau tidak?

Udah?
Iya, udah selesai, mamak ngga perlu ke kasir buat bayar-bayar😅
Biasanya bisa abis paling sedikit 300rb buat kontrol, kali ini mamak cuma modal gojek PP 6000 perak (promo gopay🙊).

Untuk pengalaman pertama pakai jaminan BPJS ini, over all pelayanan nya mamak rasa sama kayak waktu masih jadi pasien mandiri (aka bayar pribadi🙊), dokter pun tetap maksimal dalam menjalankan tugas nya, tidak membeda-beda kan.
Cuma menurut informasi dari pihak RS, untuk layanan pasien dengan jaminan BPJS ini hanya di khusus kan pada hari kerja saja, jadi di weekend tidak ada kuota rawat jalan untuk pasien dengan jaminan BPJS (oooh... I see🤔).

Nah, itu dia pengalaman yang bisa mamak bagikan mengenai prosedur layanan kontrol kehamilan dengan BPJS.
Beda RS bisa berbeda juga kebijakan nya ya...
Untuk lebih jelas nya, jangan malu bertanya langsung ke faskes dan RS yang di tuju biar ngga tersesat-tersesat amat😁

Sekian dulu update-an mamak kali ini, soalnya mau bebenah rumah sama bebenah anak-anak😂
Insha Allah akan mamak update terus untuk kontrol selanjut nya, jadi... Sering-sering mampir sini yak😜






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prosedur Tindakan Sectio Caesarea Dengan BPJS (part 1)

Enkopresis Fungsional

Separation Anxiety